Rabu, 22 Juli 2009

Guru-guru kehidupan

BIsmillahirrahmannirrahim.

Perjalanan hidup saya utk kesekiankalinya harus belajar banyak dari setiap orang yg saya temui & sy saksikan..

Setelah di hari minggu dgn sgala keriuhan hati yg mbara..Sy blm pernah semendidih itu...blm pernah sy se kaget itu...tapi biarlah..Allah Maha Tau apa yg akan terjadi utk hati sy..
di hari minggu itu juga...sy belajar bnyk...:

  1. seorang anak lulusan SMA, berusia 19th..menjadi kuli di sebuah pasar modern di jakarta karena orangtuanya sangat miskin.menjadi kuli sejak berusia 15th..HANYA AGAR BISA BERSEKOLAH DAN BISA MAKAN..tapi hari ini Anak muda ini bisa membuktikan pada orang sekitarnya yg selalu mencemooh kemiskinan orangtuanya dan ketidakberdayaan dirinya utk menyelesaikan sekolah BAHWA BERJUANG setali dengan SUKSES, saat kita berada di sebuah kapal yg tepat membawa kita menuju impian kita..
  2. Seorang ibu rumah tangga krn kecelakaan kakinya patah, selama 15hari terbaring tidak berdaya di rumah sakit dan tidak boleh kluar rumah oleh suaminya krn sang suami MALU memiliki istri yg cacat kaki..BERJUANG...sekali lagi BERJUANG..KLUAR DARI ZONA NYAMANnya, ibu yg cantik ini mbuktikan pada suaminya bhw SUKSES BUKAN HANYA MILIK ORANG YG SEHAT-LENGKAP ANGGOTA TUBUHNYA....Sukses adalah HAK SETIAP ORANG YG MAU KLUAR DARI ZONA NYAMANnya..
  3. Seorang peremp muda berusia 25th, korban brokenhome dan KDRT oleh sang Ayah, telah mengkonsumsi NARKOBA sejak berusia 15th, pernah di penjara, mengalami pemukulan secara fisik oleh para polisi, pernah bocor kepalanya karena dibenturin ke tembok karena tidak mau mengaku dari siapa ia mbeli.. Perempuan muda ini bilang: Segala bentuk kekerasan yg saya alami tidak hny secara fisik tapi juga secara sexual..sy bahkan tidak tau apakah sy masih perawan atau tidak dan semua ini MENIMBULKAN TRAUMA YG SANGAT LUAR BIASA setiap kali mendengar BUK..BUK...BUK..Peremp Muda ini LUAR BIASANYA BENCI PADA LAKI-LAKI YG MENGAKU DIRINYA SEBAGAI AYAH; BENCI LUAR BIASA PD APARAT KEPOLISIAN setiap btemu dgn sso yg berseragam polisi tubuhnya selalu gemetaran, giginya beradu satu dgn yg lain tanda ia TRAUMA LUAR BIASA

Tapi hari ini peremp muda ini membalik semua KETAKUTANNYA, SEMUA TRAUMANYA..peremp muda ini melawan ketakutan dan traumanya sendiri sehingga SAYA BELAJAR BANYAK DARI yang bersangkutan BAHWA KETIKA KITA HADAPI KETAKUTAN-KETAKUTAN KITA LALU BERDAMAI DENGAN MASA LALU KITA, MEMAAFKAN SEMUA ORANG DI MASA LALU KITA...Sy percaya bhw PERJALANAN HIDUP INI demikian indahnya..


Sy bukanlah orang yg kuat, sy bukanlah orang yg tegar dan sy bukanlah orang yg mwbreaktrough dg kondisi yg saya hadapi...Sy bukanlah seperti itu..Sy hanyalah manusia yg penuh dgn kesombongan, sy manusia yg tidak pandai bersyukur, sy manusia yg tidak sempurna...terlalu kecil arti seorang Evi di mata para "guru-guru kehidupan" diatas. Mereka layak sy anggap sebagai orang guru karena dari merekalah sy belajar BAHWA SAYA BELUM BERJUANG, sy pemalas, sy terlena dengan kehdupan ini.

Utk itulah saya selalu datang berguru pada siapapun...Evi terlalu keeeecciiiillll di mata orang2 ini, sy tidak punya kesabaran seperti yg mereka miliki, sy tidak punya keteguhan pada prinsip seperti yg mereka miliki...Evi belum memiliki kualitas seperti itu dan Evi harus terus belajar pada "guru-guru kehidupan" yang lain...


Kadang sy dianggap gila. Bahkan oleh "Abang" sy sendiri yg BELAJAR DI HARI ORANG BERLIBUR, BELAJAR DARI ORANG-ORANG YG TIDAK TERKENAL, belajar dan belajar yg tidak tau akan berujung pada titik yg mana.."Abang" sy bilang: "Evi..minggu-minggu genee enaknya berada di rumah, nemenin anak lw tuh, masakin bwt suami lw tuh..Gila lw ya..buang-buang duit dan buang-buang waktu..."

Duh gusti...ampuni hamba jika hamba bersalah dan berdosa...Suami dan anak hamba mengijinkan hamba pergi utk belajar krn mereka tau, apapun pelajaran yg hamba terima akan berguna tidak hanya bgi hamba tapi juga insyaAllah buat orang lain..

Duh Gusti..proses belajar hamba ini tidak utk mengajari siapapun..evi tidak berhak utk mengajari siapapun yaALLAh..Proses blajar ini agar hamba lebih berguna bagi bnyk orang, Proses belajar ini adalah bagian dari amal sholeh hamba utk bisa menginspirasi bnyk orang, Proses belajar ini adlah utk membangun diri ini mjd lebih Tangguh, mjd lebih baik agar diri ini bisa menjadi lilin yg dapat menerangi keluarga-kerabat-tetangga-sahabat-bangsa dan dunia..

Duh gusti..ampuni mereka yg selama ini tidak tau bhw apapun yg hamba kerjakan adalah utk kemanfaatan yg lebih bnyk..


Bener kata para sahabat sy di notes sms sy...bhw ketangguhan jiwa hanya akan terbentuk manakala muncul "gesekan" dalam kehidupan ini.
Saat ini sy beruntung bnget telah menerima (lagi) jenis gesekan dalam hidup ini yg=insyaALLAH=akan makin memperkaya jiwa ini..

Teringat sebuah tulisan yg saya tulis dan saya sadur dari bukunya Ruben Gonzales:Jadikanlah khidupanmu sbg sbuah MAHAKARYA dengan bsedia mbayar HARGA kesuksesan. Orang bprestasi tahu ada HARGA YANG HARUS DIBAYAR. Dan mrk bsedia BKORBAN, BJUANG, serta BEKERJA KERAS tanpa JAMINAN KESUKSESAN APAPUN demi mewujudkan smua impian mrk.


Hinaan, fitnah, cemooh, celaan, marah, sedih, kecewa, takut, trauma, ragu-ragu, ADALAH HARGA YANG HARUS SAYA BAYAR SAAT INI lalu dengan ikhlas SY KORBANKAN WAKTU MENONTON-WAKTU NGRUMPI-dll waktu "TIADA BERGUNA" lainnya (BAGI EVI) lalu berjuang dan bekerja keras BAHKAN TANPA ADA JAMINAN DARI SIAPAPUN BAHWA YG EVI KERJAKAN HARI INI AKAN BERUJUNG SUKSES SEPERTI APA DI MASA DEPAN...dengan ijin ALLAH...dengan BISMILLAH...dengan KEYAKINAN BAHWA ALLAH TIDAK TIDUR SEDIKIIITTT PUN...MINIMAL apa yg evi kerjakan hari ini adalah UTK AKHIRAT EVI SBAGAI MANUSIA YG BERGUNA UNTUK ORANG LAIN...tiada niat SEDIKITPUN utk MELUKAI, MENCEDERAI, MENIPU, MENGHILANGKAN HAK ORANG LAIN....tidak ada sama sekali...

Evi hanya ingin MEMBUAT HIDUP evi sebagai SEBUAH MAHAKARYA...hnya ALLAH yg tau kebulatan tekad ini....


Ya ALLAH tersungkur dalam sajadah hijau ini hamba berdoa: Ampuni dosa-dosa hamba; Ampuni hamba yg masih malas beribadah&bekerja; Ampuni hamba yg masih sering menghambur-hamburkan waktu tiada berguna;Ampuni hamba yg lalai;Ampuni lidah hamba yg sering menyakiti orang lain; Ampuni mata hamba yg kadang masih menyiratkan kesinisan dalam melihat orang lain; AMpuni telinga hamba yg tiada hamba maksimalkan penggunaannya utk mendengarkan orang lain; AMpuni anggota tubuh ini yg kadang tiada digunakan utk menjemput cintaMu...Hamba bersalah yaALLAH..hamba bersalah dalam menejemen waktu; hamba bersalah dalam menejemen pikiran; hamba bersalah dalam menejemen hati...hamba bersalah yaALLAH...AmpunanMu yg kutunggu..AmpunanMu lebih berarti dari apapun di dunia ini..AmpunanMu meringankan langkah-langkah kecil ini yaALLAH...Ampuni hambaMu yg bodoh ini yaRobb...


Ampuni yaRob....
Terima kasih yaALLAH atas segala proses yg hamba lalui dalam kehdupan ini dalam perjuangan hamba utk bisa menjadi seorang Saudagar tangguh yg kayaraya selayaknya siti Khadijah...Terima kasih yaRobb atas segala proses yg hamba lalui dalam khidupan ini dalam perjuangan hamba utk bisa menjadi seorang inspirator...Terima kasih yaRobb...terima ksih..tanpa ini semua perjuangan hamba tiadalah berarti..tiadalah berguna...Amin...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More