Rabu, 22 Juli 2009

Just Do it

Bismillahirrahmanirrahim

Adalah seorang laki-laki YAHYA IBNU YAHYA, datang dari negeri Andalusia, Spanyol.
Laki-laki ini pergi ke Medinah utk BERGURU DAN MENUNTUT ILMU. Jauh nian yg dilaluinya, dengan keterbatasan dalam hal moda transportasi.
Tapi begitulah jauhnya jarak, kalau HATI sdh BERKEHENDAK semua akan terasa enak. UNTUK SEBUAH CITA-CITA BESAR, SEMUA ITU BUKAN MASALAH, JUSTRU MENJADI TANTANGAN YANG MENARIK.

Hari-hari dilalui Yahya ibnu Yahya. Menimba ilmu dari sang guru, IMAM MALIK, menimba ilmu menjadi menu bermutu dan belajar menjadi diri sendiri. Hingga datang suatu hari. Saat ia tengah berada di majelis bersama murid2 yg lain, tiba-tiba datang serombongan orang yg datang sambil membawa gajah. Sungguh heboh.
MUrid2 Imam Malik berhamburan keluar dari kelas ingin mnyaksikan hewan yg bernama gajah itu. DI jazirah Arab saat itu, mahluk besar berbelalai sungguh tergolong asing. Mbuat daya tarik dan pesona tersendiri. Semua orang berduyun2 utk bisa melihat gajah dari dekat. Demikian juga murid2 Imam Malik.

Ruang kelas pun kosong, Melompong. Kecuali seorang saja yg tetap berada di tempatnya. siapa dia? YAHYA IBNU YAHYA. melihat hal itu Imam Malik mendekat dan bertanya"Mengapa engkau tidak keluar juga utk melihat gajah?"
Yahya ibnu Yahya menjawab: "SAYA DAANG JAUH-JAUH DARI ANDALUSIA UNTUK MENUNTUT ILMU BUKAN UNTUK MELIHAT GAJAH"
Imam Malik pun terkesima dengan keteguhan pendirian anak muda ini.
Imam Malik mberi gelar: 'AQILU ANDALUS = Gelar utk orang berakal dari Andalusia. Laki-laki yg DATANG UTK BELAJAR. laki-laki BESAR YG DATANG MEMBAWA PRINSIPNYA SENDIRI.

pelajaran yg berharga yg bisa sy petik adalah:
  1. FOKUS (termasuk dalam hal ini berdoa. Berdoalah yg fokus. Fokus pada VISI DAN TUJUAN dari hidup evi, walaupun pemandangan di sana-sini dalam perjalanan proses hidup kita begitu indah menggoda atau masalah yg datang bertubi2 menghantam diri..
  2. KONSISTEN utk MEMENUHI KOMITMEN
  3. Time is live..waktu terus bergerak, menggerus siapapun yg lalai...Makanya evi, Do the best, think first, do fast....semua ini ADA PERTANGGUNGJAWABAN KELAK DI AKHIRAT. Termasuk penggunaan waktu utk hal2 yg TERLALAIKAN dari MENGINGAT ALLAH dan MENSYUKURI SEGALA YG TELAH ALLAH LIMPAHKAN.
  4. Selalulah evi kerjakan sesuatu berdasarkan skala prioritasnya: PENTING-MENDESAK. Kalau melihat gajah adalah tidak penting-tidak mendesak..TIDAK USAH DIKERJAKAN evi WALAUPUN SEMUA ORANG DISEKELILINGMU MELAKUKANNYA...karena evi memiliki skala prioritas yg --MUNGKIN SAJA--berbeda dengan orang lain.. PENTING MENDESAK; TIDAK PENTING MENDESAK; TIDAK MENDESAK PENTING; tidak mendesak-tidak penting.........Pilah lalu pilih...
Bahagianya...Subhanallah..Alhamdulillah.. AllahuAKbar

terima kasih yaAllah..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More